Kamis, 01 Maret 2012

Perangkat Lunak Untuk Mengakses Internet

1.Mengenal Internet

       Internet dapat diterjemahkan secara sangat sederhana sebagai International Network.Dari istilah tersebut dikatakan bahwa internet adalah semacam jaringan yang mampu yang menghubungkan kita dengan jaringan dengan informasi dunia dan masyarakat global.
        Lalu apa bedanya internet dengan teknologi yang lain seperti telepon, surat kabar, televisi dan radio yang memiliki konsep yang hampir sama dengan internet ? Jawabnya adalah bahwa teknologi selain internet itu ternyata berdiri sendiri-sendiri, berbeda dengan internet dimana ia mampu meliputi semua teknologi-teknologi semacam itu. percakapan telepon bisa dilakukan melalui jalur internet, menonton cuplikan film musik, radio dan lain sebagainya tidak begitu susah dilakukan oleh internet.
        Akhirnya, kita bisa menilai diantara teknologi selain internet ternyata teknologi internet lebih unggul dan yang jelas informasi-informasi yang ada di internet disajikan dengan sangat variatif.

Kelebihan-kelebihan dari teknologi internet di antaranya :

1.Teknologi internet sebagai dunia maya atau virtual
     Dikatakan internet sebagai dunia maya atau virtual karena internet terdiri dari ribuan kilometer       kabel,gelombang radio dan sirkuit-sirkuit komputer yang menciptakan seolah-olah jalan dimana kita bisa melintasinya untuk mencapai kesebuah tempat tertentu,tanpa merasakan kaki kita terkilir dan sedang berdiri di sebuah gedung tempat berkumpulnya banyak data informasi.
 2.Teknologi internet disebut juga tempat berkumpulnya infomasi.
 3.Teknologi internet disebut juga informasi yang tak terbatas.
 4.Teknologi internet disebut juga kebebasan mencari informasi dan permasalahannya.

2.Software untuk Internet
     Macam-macam software untuk mengakses World Wide Web(WWW)yaitu:
  a. Browser
         Browser adalah sebutan yang diberikan kepada sebuah software yang dipakai untuk mengakses World Wide Web(WWW).WWW adalah layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karena dengan layanan ini kita bisa menerima informasi dalam berbagai format (multimedia).untuk mengakses layanan WWW dari sebuah komputer (yang disebut WWW server atau web server) digunakan program web clint yang disebut web browser atau browser saja. Jenis-jenis browser yang sering digunakan adalah:Netscape Navigatro/Comunicator, Internet Explorer, NCSA Mosaic,Arena,Lynx,dan lain-lain.Software ini yang paling sering dipakai sebab sebagian besar informasi di internet berjenis World Wide Web(WWW)atau disebut juga website.Contoh browser yaitu Internet Explorer dan Netscape Navigator.Browser ini sering disebut juga dengan sebutan  Client Tampilan Internet Explorer dan Fungsi Tools-nya.
b.E-mail client 
         E-mail client adalah sebuah sofware yang dimanfaatkan untuk membaca, menulis dan mengirim surat elektronik(e-mail).
c.IRC Client
         IRC Client adalah singkatan dari Internet Relay Chat yaitu software yang berfungsi untuk membantu kita berbincang-bincang secara langsung (real time)lewat media teks dengan banyak orang diseluruh dunia.
  d.Dial Up Networking
          Dial Up Networking adalah software kecil yang akan menghubungkan komputer pribadi kita dengan jaringan internet global lewat sebuah Internet Service Provide
 e. Surfing / Browsing
          Surfing merupakan istilah umum yang digunakan bila menjelajahi dunia maya atau web. Tampilan web yang sangat artistik yang tidak hanya menampilkan teks tapi juga gambar-gambar yang ditata sedemikian rupa sehingga selalu membuat betah netter untuk surfing berjam-jam karena itu para netter 
harus sangat memperhitungkan rencana web mana saja yang akan dikunjungi atau dibatasi informasi yang ingin diakses
 f. Langkah-Langkah dalam Browsing
         a. Klik double pada icon Internet Explorer.
         b. Pastikan nama situs yang akan Anda browsing, mis. Situs berita islam eramuslim
         c. Ketik nama situs tersebut pada kolom address (contoh, www.eramuslim.com)
         d. Tekan 'enter'. Atau klik tombol
         e. Tunggu beberapa saat tampilan keseluruhan selesai dan tertulis 'Done' distatus Bar. (tampilanya
             akan seperti dibawah ini)
         f. Jika ingin membuka halaman baru dengan page yang sama, dapat dilakukan dengan cara: klik File pada menu, klik New, dan klik Window.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar